Bentuk Posko, Kejari OKI Ikut Lakukan Pengawasan Pemilu 2024

90

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Sebagai bentuk peran serta dalam pengawasan pesta demokrasi yang tahapannya telah berlangsung, Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ilir (Kejari OKI) siapkan Posko Pemilu 2024 yang fungsinya sebagai wadah koordinasi stakeholder terkait.

Seperti kali ini, Selasa (19/12/2024), melalui acara coffee morning di Posko Pemilu 2024 milik Kejari OKI, bersama KPU dan Bawaslu adakan rapat koordinasi guna membahas tahapan pesta demokrasi yang kini telah berlangsung.

“Ya tadi kita melakukan rapat koordinasi dengan KPU dan Bawaslu OKI,” kata Kajari OKI Hendri Hanafi SH MH melalui Kasi Intel Alex Akbar SH MH saat dikonfirmasi usai acara rakor yang digelar di Posko Pemilu tersebut.

Dimana tujuan dari koordinasi hari ini, jelas dia, menginformasikan kepada kedua belah pihak, bahwa Kejagung RI telah membentuk 534 Posko Pemilu di seluruh wilayah hukum Kejaksaan RI, salah satunya di Kejari OKI.

“Adapun tujuan dibentuknya Posko Pemilu ini, sesuai instruksi Kejaksaan RI Nomor 6 Tahun 2023 adalah melakukan pengawasan terhadap jalannya penyelenggaraan Pemilu yang jujur, adil, langsung, umum, bebas dan rahasia,” ujar dia.

Lanjut dia, Kejaksaan telah membentuk posko ini dan aktif melakukan pengawasan seluruh kegiatan tahapan Pemilu, baik Pilpres maupun Pileg yang puncaknya 14 Februari 2024. Salah satunya pengawasan tata letak alat peraga kampanye (APK).

“Sesuai undang – undang, ada salah satu pasal yang menyebut bahwa ada di tempat – tempat tertentu dilarang untuk dilakukan pemasangan APK, seperti pohon, gedung milik pemerintah. Sepanjang apa yang kami saksikan masih banyak APK terpasang di tempat – tempat tersebut,” tandas dia.

Oleh karena itu pada rakor tadi telah kita sampaikan ke pihak Bawaslu, sambung dia, ternyata Bawaslu juga telah berkoordinasi dengan KPU dan Satpol PP untuk menertibkan APK yang melanggar tersebut.

Syahrin selaku Kadiv Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi pada Bawaslu OKI didampingi M. Kafrowi selaku Kadiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa pada Bawaslu OKI mengatakan, kita tadi telah melaksanakan coffee morning bersama Kajari OKI dan KPU.

“Ya, betul tadi kita coffee morning bersama Kajari dan KPU, sekaligus peresmian Posko Pemilu yang ada di Kejari OKI. Nanti akan kita gunakan untuk selalu berkoordinasi bersama pihak Kejari dan KPU terkait persiapan menghadapi Pemilu 2024,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda