Belajar yang Baik Bisa Ditemui Saat Berada di Sekolah Dasar

0

Oleh: Fitri Handayani (1730201180) Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

BERITAANDA – Belajar merupakan sebuah proses perubahan di dalam hidup manusia, dari tidak tahu menjadi tahu. Perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku, seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman keterampilan, daya pikir dan kemampuan-kemampuan lainnya.

Belajar ialah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan pengalaman. Sangat penting belajar bagi manusia agar mereka lebih pandai dan siap untuk menghadapi dunia, tanpa belajar kita tidak akan mempunyai kepandaian apapun.

Belajar yang paling baik bisa kita temui pada saat berada di Sekolah Dasar (SD). Mengapa demikian?, karena pada saat SD, kita sangat semangat sekali dalam belajar. Ketika guru menjelaskan, kita mendengarkan, dan selalu bertanya ketika guru mengajukan pertanyaan.

Coba kita lihat, sangat berbeda pola belajar yang ada di SMP/SMA serta perguruan tinggi. Anak SD sangat semangat dalam mengeyam pelajaran, tidak pernah mengeluh, mengantuk, dan lainnya.

Kalau sudah pernah mengajar anak SD, tentunya sangat tahu betapa senangnya mengajar siswa-siswi sekolah dasar tersebut.

Masa-masa di SD sangat indah untuk dikenang, apalagi guru-guru dalam mengajarnya sangat baik dan ramah. Guru SD pun sangat tulus dalam mendidik, mengajari anak sampai bisa, serta selalu sabar dalam menghadapi anak-anak yang memiliki sifat agak bandel. Berbeda kalau sudah ke tingkat SMP.

Di SD merupakan momen yang sangat istimewa. Belajar yang baik itu ada pada saat kita SD, dimana semua pertanyaan yang tidak kita ketahui, dilontarkan dengan nada anak-anak yang lucu.

Siswa-siswi SD juga tidak malu untuk bertanya, mereka selalu semangat dalam belajar. Apalagi kalau diajak bernyanyi, mereka turut riang gembira.

Guru SD juga sangat besar jasanya, mereka mendidik anak dari yang tidak tahu apa-apa menjadi tahu. Namun, jangan pula memandang tugas guru SD itu mudah. Seperti kita lihat, karena mereka menghadapi anak-anak yang banyak dan berbeda karakter.

Guru merupakan profesi yang sangat mulia, mengajari anak-anak sesuatu yang tak ternilai, yang tidak bisa dibalas dengan apapun. Meski anak-anak banyak yang nakal tetapi dia tetap sabar.

Guru SD saya juga sangat baik-baik kala itu.

Pada saat saya sekolah dasar, kebanyakan orang memandang menjadi guru itu tugasnya mudah. Tetapi setelah saya terjun langsung observasi ke sekolahan, banyak anak-anak yang nakal, susah untuk menghadapinya. Namun, menjadi seorang guru harus tetap bersabar. Itulah sekarang saya mengetahui tidak mudah menjadi seorang guru.

Meski seluruh anak-anak bertanya, guru tetap menjawab satu persatu dan menjelaskan pertanyaan anak-anak tersebut.

Menanamkan semangat belajar itu sangat penting. Kita lihat anak SD dalam belajar, kadang kala mereka sangat semangat sekali belajar setiap hari, banyak pertanyaan yang ditanyakan. Ketika disuruh menulis, mereka menulis. Mereka juga tertib dalam belajar. Belajar yang sangat baik dan mengesankan bisa kita jumpai pada saat kita berada dibangku sekolah dasar. (*)

Bagaimana Menurut Anda