Bekerjasama dengan Forum CSR, PT Sampoerna Agro Gelar Silaturahmi dengan Insan Media dan LSM/NGO

63

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan sinergisitas antara PT Sampoerna Agro Tbk dengan insan media dan LSM/NGO di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang sudah berjalan dengan baik selama ini, management PT Sampoerna Agro Tbk bekerjasama dengan Forum CSR Kabupaten OKI menggelar acara silaturahmi Ramadhan, bertempat di Ruang Rapat Bende Seguguk (RRBS) I Pemda OKI, Kamis (4/4/2024) sore.

Pada kesempatan tersebut, Manager CSR PT Sampoerna Agro Tbk Fajar Suryono dalam sambutannya mengatakan, keberadaan insan media sangat penting sekali dalam hal penyampaian informasi ke masyarakat atas program-program CSR yang berpihak kepada masyarakat di OKI.

“Beberapa program unggulan CSR Sampoerna Agro yaitu program pendidikan di SMP Plus Literasi Pedamaran Timur. SMP Plus itu telah meraih berbagai prestasi baik lokal, nasional bahkan internasional. Seperti juara IV Internasional Mathematic Competition (IMC) Singapura 2023 serta menjadi Finalis Internasional Science competition (IMC) ke-3 di Bogor,” ujar Fajar.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga melakukan pembangunan dan pembinaan Pondok Pesantren Hidayatul Quran di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai, OKI.

“Di bidang ekonomi, perusahaan kita melakukan pembinaan dan pengembangan jamur merang, air isi ulang, ketahanan pangan, budidaya kambing, pelatihan membatik bekerjasama dengan Iwapi OKI, dan lebah madu,” jelas dia.

Pada bidang infrastruktur, perusahaan selalu berkontribusi dalam perbaikan jalan dan sarana umum desa. Sementara di bidang kesehatan, melakukan kegiatan sunatan massal, Desa Bersinar, pemberian makanan tambahan (PMT) dan stunting.

“Perusahaan selalu berpartisipasi aktif dalam kegiatan – kegiatan seperti pekan olahraga, STQH, Safari Ramadhan dan lain sebagainya. Setiap tahunnya perusahaan juga memperoleh apresiasi atau penghargaan berupa CSR Awards,” ungkap dia lagi.

Bahkan, sambung dia, pada tahun 2023, perusahaan telah menerima Indonesia Best CSR Awards 2023 dari The Iconomics, Indonesia CSR Awards 2023 dari Warta Ekonomi, dan piagam penghargaan sebagai perusahaan pembina Program Kampung Iklim (Proklim) dari Gubernur Sumsel.

Sementara itu, Region Head (RH) Plasma PT Sampoerna Agro Tbk, Riduan Sibuea, dalam sambutannya mengatakan, PT Sampoerna Agro Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis perkebunan kelapa sawit dan pengolahannya.

“Dalam menjalankan operasional bisnisnya, perusahaan telah mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, dan berkontribusi dalam pembangunan nasional. Dimana, PT Sampoerna Agro Tbk di Kabupaten OKI memiliki kebun kemitraan (kebun plasma) seluas 42.510,54 Ha, terdiri dari 40 Koperasi Unit Desa (KUD). Luasan kemitraan tersebut, 979 dari luas lahan inti perusahaan,” terang dia.

Dari tahun 2019 – 2024, lanjut dia, saat ini telah melakukan replanting ke kebun plasma seluas 13.396,91 Ha (14 KUD Plasma). Lalu pada tahun 2023, perusahaan memperoleh penghargaan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia, sebagai perusahaan dengan capaian kemitraan terluas dalam program peremajaan sawit rakyat (PSR) secara nasional.

“Dan kami akan terus bina kemitraan dan melakukan koordinasi serta perencanaan yang baik untuk melakukan replanting seluruh kebun plasma binaan PT Sampoerna Agro Tbk yang sudah tidak produktif,” tegas dia.

Riduan Sibuea menambahkan, PT Sampoerna Agro Tbk juga sangat patuh terhadap aturan hukum yang berlaku, dan telah mengelola perkebunannya secara berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dengan telah tersertifikasi ISPO dan RSPO pada tahun 2024. Perusahaan juga mendapatkan apresiasi wajib pajak badan terbesar bersama 23 perusahaan lainnya di Sumatera Selatan dari KPP Madya Palembang.

“Perusahaan juga sangat berkomitmen dalam membangun masyarakat di sekitar operasional melalui program CSR. Dengan berfokus dan strategi pada enam pilar kebutuhan masyarakat, kolaboratif dan partisipatif, inovatif serta berkelanjutan, pengembangan sumber daya lokal, peningkatan kapasitas masyarakat, dan penciptaan manfaat bersama,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda