Bawaslu Juga Tunda Pengawasan Pilkada Nias

98

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias tunda pengawasan Pilkada Nias tahun 2020. Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Nias Novan Maskurnia Hura, SH, di kantornya, Rabu (25/3/2020).

“Menyusulnya surat dari KPU RI tentang penundaan tahapan pilkada 2020, tentunya KPU RI pasti telah melakukan koordinasi dengan Bawaslu RI, dan kemarin juga KPU Nias telah berkordinasi dengan kami mengenai penundaan ini. Kami saat ini kami menunggu instruksi dari Bawaslu RI terkait langkah-langkah selanjutnya mengenai penundaan tahapan,” ungkapnya.

Jelasnya lagi, beberapa penundaan tahapan dalam batas waktu yang belum ditentukan yaitu tahapan verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan, pelaksanaan pembentukan petugas pemutakhiran daftar pemilih, serta pelaksanaan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

“Karena pademik Covid-19 ini, kita dari Bawaslu Kabupaten Nias hanya mengikuti petunjuk dari pusat dan untuk sementara kita telah memberlakukan piket. Untuk pengawasan tetap berjalan, mungkin dengan melakukan monitoring di media online, media sosial dan lainnya,” pungkas dia. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda