Balitbangda PALI Adakan FGD Persiapan Awal Penyusunan Dokumen RIPJD Iptek

16

PALI, BERITAANDA – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar focus group discussion (FGD) persiapan awal penyusunan dokumen Rencana Induk dan Peta Jalan Daerah (RIPJD) Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Kepala Badan (Kaban) Balitbangda PALI Deasy Rossalia mengatakan, FGD kali ini bertujuan untuk penentuan penyusunan dokumen RIPJPD Iptek di daerah. Selain itu kegiatan ini dalam rangka penetapan produk unggulan di Bumi Serepat Serasan.

“Usulan ini akan dimasukkan di RIPJPD tahun 2024 nantinya. FGD kali ini dihadiri beberapa OPD yang bersinggungan langsung, diantaranya Dinas Pertanian, Disperindag, Dinas Koperasi dan UMKM,” ujarnya, Rabu (8/5/2024).

Menurut dia, RIPJPD merupakan dokumen teknis penunjang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dan dalam FGD ini diidentifikasi beberapa produk unggulan daerah PALI, yaitu sagururung, kripik jengkol, kerajinan aluminium, klaster pariwisata Candi Bumi Ayu dan batik PALI.

“Identifikasi hari ini akan ditindak lanjuti dengan kajian lebih lanjut secara akademis,” ujarnya.

Masih menurut Deasy Rossalia, dari 6 produk unggulan tersebut, masih ada unggulan lainnya yakni klaster pariwisata Candi Bumi Ayu serta akan ada tarian kebudayaan dan makanan. (RDT)

Bagaimana Menurut Anda