Antoni Tertangkap Basah Curi Buah Kelapa Sawit Milik KUD Tunas Harapan

979

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Sepak terjang Antoni (33), warga Desa Sungai Sodong Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan ini, akhirnya kandas di tangan aparat kepolisian. Dan kini pria itu harus mendekam di balik jeruji besi sel tahanan Polsek setempat.

Pasalnya, pria yang kerapkali melakukan aksi tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) berupa buah kelapa sawit milik KUD Tunas Harapan, aksi terakhirnya tertangkap tangan oleh Tim Macan Komering Polsek Mesuji pimpinan AKP Darmanson, Kamis (22/8/2019) kemarin sekira pukul 08.30 Wib.

Saat itu di jalan poros Desa Margo Bakti Kecamatan Mesuji OKI, warga Sungai Sodong ini lancarkan aksi terhadap sopir mobil truk angkutan buah kelapa sawit milik KUD Tunas Harapan yang hendak menuju PKS MBJ. Lalu Tim Macan Komering yang mendapat informasi adanya aksi tersebut segera meluncur ke lokasi.

Setibanya di TKP, didapati pelaku sedang berada di atas bak truk milik KUD Tunas Harapan sambil memegang tojok. Seketika itu juga personel Macan Komering Polsek Mesuji langsung menyergap dan berhasil menangkap pelaku, berikut barang bukti buah kelapa sawit dan tojok atau tombak pengungkit buah kelapa sawit.

“Modus operandi pelaku melancarkan aksinya dengan cara naik ke atas mobil truk, dan menurunkan buah kelapa sawit di pinggir jalan. Lalu disembunyikan dibalik semak-semak kebun,” ungkap Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra didampingi Kapolsek Mesuji AKP Darmanson melalui Paurbinops Bag.Ops Polres OKI IPTU Bambang Pancawala, Jumat (23/8/2019).

Tersangka dan barang bukti digunakannya berupa 1 buah tojok berikut 1 unit mobil truk warna kuning serta 7 tandan buah sawit, diamankan di Mapolsek Mesuji.

Lanjut dia, dari keterangan pelaku bahwa perbuatan serupa telah dilakukannya sebanyak dua kali terhadap KUD Tunas Harapan, yaitu pada tanggal 12 Juli 2019 dengan hasil curian 30 tandan buah kelapa sawit.

“Dan pada tanggal 13 Agustus 2019, sebanyak 27 tandan buah kelapa sawit. Dengan cara yang sama yaitu memanjat bak truk, lalu menurunkan atau mengambil buah kelapa sawit yang berada dalam bak truk menggunakan alat berupa tojok. Setelah berhasil mengambil, pelaku menyuruh sopir untuk pergi,” jelas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda