Antisipasi Terjadinya Bencana Alam, Kodim 0402/OKI Gelar Karya Bakti Penanaman Pohon

80

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Guna membantu meminimalisir terjadinya bencana alam, Kodim 0402/OKI melaksanakan karya bakti penanaman pohon dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam II/Sriwijaya, bertempat di Jalan Sepucuk Kelurahan Kedaton Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Jumat (8/12/2023).

Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf. Irsyad Mahdi Pane menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut merupakan petunjuk langsung dari Bapak KASAD dalam upaya wujud nyata atau implementasi dari kepedulian terhadap lingkungan terkait perubahan iklim yang berdampak terhadap pemanasan global.

“Penanaman tersebut ditanam sebanyak 1.200 pohon dengan berbagai jenis tanaman, dan ini kami laksanakan dua tahap. Yakni hari ini sebanyak 500 batang pohon mangga, 125 polybag, pohon rambutan 125 polybag, 125 batang pohon jambu ball, dan 125 batang jambu batu,” kata Dandim.

“Di tanggal 14 Desember nanti akan ditanam sisanya dengan lokasi berkisar 1 Ha lahan kosong yang rawan akan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Ini merupakan bentuk kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKI, Dinas Pertanian OKI, BRI serta perusahaan PT Rambang,” ungkap Dandim.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, dengan adanya gerakan penanaman pohon ini untuk memberdayakan lahan kosong menjadi lahan produktif, dimana lokasi tersebut sering terjadi kebakaran. Dan dengan adanya kegiatan ini, menjadi solusi dalam pencegahan karhutla di wilayah OKI.

“Dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, serta memberdayakan Gapoktan dalam upaya pemeliharaan dan perawatan pohon tersebut,” tandasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda