Anggota DPR RI Komisi V Buka Sosialisasi Agroklimat dan FGD

0

JAMBI, BERITAANDA – Stasiun Klimatologi Kabupaten Muaro Jambi mengadakan kegiatan sosialisasi agroklimat untuk para petani dan penyuluh pertanian serta FGD evaluasi sekolah lapang iklim Provinsi Jambi 2013-2017.

Dalam acara tersebut secara resmi dibuka oleh anggota Komisi V DPR RI dapil Jambi, Hj. Saniatul lativa, SE. MM, Selasa (15/5/2018), di Hotel Golden Harvest Jambi. Turut hadir Kepala Balai Besar MKG Wilayah 2 Jakarta Joko Siswanto, S.Sos, Direktur Irigasi  Pertanian, Kapolda Jambi, Danrem 042 Gapu Jambi, Kepala Stasiun Meteorologi Klas I Sultan Thaha Jambi Nurangesti Widyastuti, serta Kepala Stasiun Klimatologi Muaro Jambi Syafrinal SH.

Dikatakan oleh Saniatul Lativa, dengan mengambil tema ‘mewujudkan masyarakat yang peduli dan tanggap terhadap informasi iklim serta cuaca’. Tujuannya agar peserta harus mampu memahami perbedaan cuaca dan iklim, serta mempelajari perbedaan unsur cuaca atau iklim dengan unsur non cuaca.

“Iklim umumnya didefinisikan sebagai cuaca rata-rata selama periode waktu yang panjang dengan periode standar rata-rata 30 tahun. Iklim pada lokasi tertentu dipengaruhi oleh posisi lintang, ketinggian topografi serta kondisi laut terdekat di wilayahnya,” jelas dia.

Sementara itu ditambahkan Syafrinal, dengan kedatangan anggota Komisi V DPR RI ini bisa menambah motivasi serta pengetahuan para peserta. “Dikarenakan daerah di masing-masing kabupaten/kota se-Provinsi Jambi ini masyarakatnya mengandalkan pertanian, terkecuali dari Kota Jambi,” jelasnya. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda