Anggota DPD Bersama PWI Sumbar Sosialisasikan Empat Pilar MPR RI

0

PADANG, BERITAANDA – Anggota DPD RI H. Leonardy Hermainy Dt. Bandaro Basa S.IP., MH menggelar sosialisasi empat pilar MPR RI di aula Radio Republik Indonesia (RRI) Padang Jalan Sudirman, Selasa (26/9/2017).

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri kurang lebih 150 orang wartawan, baik media cetak maupun elektronik dari beberapa kabupaten/kota yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar, serta beberapa narasumber seperti Sofiarma (Guru Besar UNP), Kolonel Inf. Asep (As Intel Korem 032 Wirabraja) dan Devi Kurnia (Asisten I Pemprov Sumbar).

Anggota DPD RI H. Leonardy Hermainy dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI dengan melibatkan para wartawan dinilai sangat penting. Karena, wartawan nantinya dapat menyebarluaskan atau menyampaikan tentang nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan yang terdapat dalam empat pilar kepada masyarakat.

Leonardy menjelaskan landasan empat pilar terdiri dari pertama, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Kedua, UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR. Ketiga, NKRI sebagai bentuk negara, dan keempat Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Lanjutnya, saat ini sangat diperlukan peningkatan pemahaman esensi wawasan kebangsaan terutama implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Pancasila dan UUD 1945 harus terus ditanamkan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda yang merupakan tulang punggung bangsa.

“DPD RI saat ini terus melakukan sosialisasi empat pilar kepada masyarakat di setiap daerah Indonesia, karena Pancasila mengandung nilai yang bermakna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

“Untuk itu, segenap elemen bangsa Indonesia tidak boleh melupakan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara. Kemudian, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia harus tetap kokoh dan eksis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus dalam sambutanya mengatakan, kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terrhadap Pancasila, UUD NKRI 45, dan Bhineka Tunggal Ika. Karena saat ini kesadaran masyarakat tentang empat pilar terlihat mulai menurun.

“Dengan dilibatkannya PWI dalam sosialisasi empat pilar MPR RI, diharapkan dapat sebagai penyambung pemerintah dalam menyampaikan nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan kepada seluruh element masyarakat,” kata Firdaus.

Guru Besar Universitas Negeri Padang, Sofiarma, dalam paparannya mengatakan Indonesia saat ini sedang mengalami tantangan dalam etika kehidupan berbangsa, dan faktor penyebabnya yakni masalah internal dan eksternal.

Untuk faktor internal, masyarakat Indonesia saat ini masih lemah penghayatan dan pengamalan agama, serta timbulnya pemahaman terhadap ajaran agama yang keliru dan sempit. Kemudian, minimnya pemahaman dan penghargaan atas kebhinekaan dan kemajemukan, serta tidak berjalan optimalnya penegakan hukum di negara ini sehingga timbul kelompok-kelompok radikal.

“Sementara di faktor eksternal, masyarakat Indonesia saat ini sangat mudah terpengaruh dengan perkembangan globalisas, kemudian tingginya intensitas intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional,” jelasnya.

Untuk itu, seluruh element masyarakat Indonesia diharapkan dapat kembali mengimplementasikan nilai-nilai agama dan Pancasila yang terdapat dalam Pancasila, UUD 1945 dan tap MPR. Sehingga, idelogi Pancasila sebagai dasar negara tidak mudah digoyah oleh pihak manapun,” tutupnya. (St)

Bagaimana Menurut Anda