Akibat Terjepit Gerbong di Lokasi Kerja, Karyawan PTPN Ini Tewas

0
ILustrasi

MUARA ENIM, BERITAANDA – Karyawan PTPN VII Suli Inti Desa Panang Jaya Kecamatan Gunung Megang, Muara Enim harus meregang nyawa di lokasi kerja akibat kecelakaan.

Kejadiaan ini terjadi Senin (3/12/2018) sekira pukul 14.30 Wib, di lokasi pabrik perusahaan tersebut, akibat terdorong dan terjepit di bagian leher antara gerbong dan tabung rebusan pabrik sawit.

Kapolres Muara Enim AKBP. Afner Juwono saat dikonfirmasi melalui Kapolsek Gunung Megang AKP. Ferryanto, membenarkan telah terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

“Kejadian bermula saat proses pengeluaran gerbong atau roli yang berisi kelapa sawit yang sudah direbus dari dalam tabung rebusan (streliser). Ketika gerbong ditarik keluar pada rangkaian ke-9, yang mana jumlah gerbong tersebut sebanyak 10 gerbong, anjlok di mulut tabung rebusan dan ban gerbong 9 keluar dari rel, sehingga proses penarikan keluar dari tabung rebusan tersebut terhambat dan tidak bisa ditarik lagi hingga rangkaian gerbong harus diputus antara gerbong ke 8 dan 9 agar bisa menarik 8 gerbong yang tidak anjlok,” terang Ferryanto.

Kemudiaan Ferryanto menerangkan pada saat akan memutus rangkakaian gerbong tersebutlah korban
Kusmanto (38) warga Dusun I Desa Lubuk Empelas Kecamatan Muara Enim ini mengalami kecelakaan kerja saat melepas rangkaian antara gerbong ke-8 dan 9, sehingga gerbong tersebut mundur dan mendorong tubuhnya hingga terjepit.

“Korban ini memang bertugas di bagian itu, langsung berusaha melepaskan rantai penyambung antara gerbong 8 dan 9. Saat sedang berusaha melepaskan rantai tersebut, gerbong yang berjumlah 8 tadi kembali mundur dan mendorong korban yang membuatnya terjepit di bagian leher antara gerbong dan tabung rebusan kelapa sawit. Melihat kejadiaan itu, rekan kerja korban langsung berusaha menolong dan membawanya ke Puskesmas PTPN VII Suli Inti. Namun setelah sampai di Puskesmas, dokter menyatakan korban telah meninggal dunia,” lanjut Ferryanto.

Seletelah itu, lanjut Ferryanto, korban langsung dibawa ke rumah duka di Desa Lubuk Empelas untuk disemayamkan, dan anggota dari Polsek Gunung Megang langsung mendatangi TKP serta mengambil keterangan dari saksi-saksi.

“Anggota kita langsung melakukan cek TKP dan korban, mengambil dokumentasi, serta interogasi lisan para saksi yang diketahui korban meninggal murni karena kecelakaan kerja. Dan sampai saat ini korban telah dibawah ke rumah duka untuk disemayamkan,” tutup Ferryanto. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda