Aisha dan Neby Boyong 11 Medali di Tournament Of Champions World Scholar’s Cup Yale University USA

118

JAKARTA, BERITAANDA – Kakak beradik Aisha Kintan Katiluna dan Neby Raihana Zahra meraih 11 Medali Final Turnamen Akademik Pelajar Kelas Dunia, World Scholar’s Cup (WSC) Tournament of Champions (TOC) di Yale University USA. Rabu (8/11/2023).

Kedua putri dari pasangan Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol H. Hengki Haryadi dan Hj. Duma Intan Karenina itu menjadi duta Indonesia dari sekolah di Binus School Simprug Jakarta, yang berlaga di Amerika sejak 2-8 November 2023.

Aisha Kintan Katiluna kelahiran Bandung 18 Juli 2010 adalah siswi kelas 8 SMP Binus School Simprug, meraih medali gold untuk writing essay dan medali gold untuk team bowl.

Ditambah medali silver untuk science, silver literature, silver untuk special subject, silver untuk team countdown, dan silver untuk scholars challenge.

Sementara Neby Raihana Zahra kelahiran Jakarta 14 Desember 2011, pelajar kelas 6 SD ini meraih empat medali silver untuk cria award, silver untuk team debate, silver untuk writing essay, dan silver untuk scholars bowl.

Aisha dan Neby mengaku sangat terharu dan bangga bisa ada di salah satu universitas bergengsi di dunia, dan bisa bersaing dengan pelajar diseluruh dunia dalam babak final.

“Kami terharu campur bangga, bisa gabung di kancah internasional,” kata Aisya didampingi Neby dan ibunya Hj. Intan via phone.

Aisha berharap ilmu dan pengalaman yang sangat bermanfaat ini, nantinya bisa ditularkan dengan teman-teman di tanah air.

“Semoga nanti pulang  ke tanah air dan bisa menginspirasi teman-teman Indonesia. Kita bangga menjadi bagian anak bangsa yang siap menuju Indonesia emas,” kata Aisha.

Indonesia patut bangga memiliki banyak generasi muda penerus bangsa yang tak kenal lelah untuk terus mengembangkan minat, bakat serta kompetensinya di berbagai bidang dan meraih banyak prestasi, termasuk Aisya dan Neby.

Aisya dan Neby merupakan delegasi yang mewakili Indonesia dari SMP dan SD Binus School dengan perolehan 11 medali, 2 medali emas dan 9 medali perak di Final Turnamen Akademik Pelajar Kelas Dunia World Scholar’s Cup (WSC) Tournament of Champions (TOC) yang diikuti lebih dari 45 negara dan lebih dari 1.600 pelajar SMP/SMA seluruh dunia  di Yale University USA pada 2-8 November 2023.

“Semuanya ini banyak dipengaruhi oleh motivasi anak-anak, karena keikutsertaan dalam kompetisi pelajar dunia ini merupakan inisiatif dari anak-anak,” kata Ny. Hj. Intan.

“Bagi kami orang tua di bimbing sekolah sebagai pendidik adalah hal yang paling berpengaruh terhadap prestasi yang mereka raih,” tambah dia.

Sebelum ke Yale University USA, Aisha dan Neby, mengikuti lomba di Korea Selatan. Dari ajang di Korea, Aisha dan Naby mengikuti final di USA.

“Perjalanan Aisha dan Neby sampai tahap akhir dan meraih medali World Scholar’s Cup Tournament of Champions merupakan sebuah proses yang penuh dengan cerita, Aisha dan Neby berhasil sampai di titik ini setelah melalui Regional Round di Jakarta, dan Global Round di Korea Selatan,” ujar Intan.

Secara total terdapat lebih dari 1.600 pelajar dari 45 negara dengan bentuk kompetisi yang sama yakni team debate, collaborative writing, challenge, dan scholar’s bowl. Ada team debate, collaborative writing, challenge, dan scholar’s bowl. Selain itu juga ada kegiatan non-akademik seperti scavenger hunt, lalu ada juga culture fair. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda