31 Warga Kabupaten Nias Berstatus ODP Covid-19

53

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Sebanyak 31 warga Kabupaten Nias masuk dalam status orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19. Demikian disampaikan Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM di kantornya, Selasa (24/3/2020).

“Berdasarkan hasil dari pemeriksaan tim di sejumlah lokasi di Kabupaten Nias, 31 orang ditetapkan dalam status OPD Covid-19. Dan kita juga telah tugaskan Dinas Kesehatan dan petugas RSUD Gunungsitoli untuk memantau mereka,” terang bupati.

Bupati menyarankan kepada ODP untuk tidak perlu rawat inap di rumah sakit, tetapi akan diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah, setidaknya selama 14 hari. Dan rutin memeriksakan diri ke dokter serta tetap melaksanakan imbauan yang ada dari pemerintah daerah setempat.

“Disarankan untuk karantina secara mandiri dan tetap menjaga kesehatan tubuh di rumah,” terangnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan di RSUD Gunungsitoli, langsung meminta kepada 31 orang tersebut kembali ke rumah dan tetap dilakukan pemantauan guna melakukan isolasi diri.

“Kita sudah perintahkan untuk melakukan pengawasan, sembari melihat kondisinya memburuk atau membaik selama 14 hari,” jelasnya.

“Apabila setelah 14 hari kondisinya membaik, yang bersangkutan dinyatakan negatif dari virus corona, namun bila memburuk maka ke 31 ODP akan dirujuk kembali ke RSUD Gunungsitoli menjadi pasien dalam pengawasan (PDP),” pungkas dia. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda