25 Ribu Ton Beras dari Indonesia Akan Dikirim ke Afrika

0

SEMARANG, BERITAANDA – Puluhan anak kecil dari sekolah Alam Ar-Ridho Tembalang Kota Semarang nampak semangat mendukung acara ‘Beras Untuk Kelaparan Afrika’ dengan cara membagikan beberapa brosur kepada pengunjung yang sedang lewat saat car free day di seputaran Simpang Lima, Minggu (14/5/2017).

Selain membagikan beberapa brosur kepada pejalan kaki yang tengah melintas, mereka juga melakukan kegiatan bersepeda bareng dan melakukan inisiatif penukaran botol plastik bekas dengan sayur. Dimana botol tersebut akan dijual dan hasilnya akan digunakan untuk membantu warga Afrika yang mengalami kelaparan.

Maruf Setiawan, dari perwakilan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu aksi kemanusiaan secara global yang digelar di Jawa Tengah.

“Kami salah satu lembaga kemanusiaan global pusatnya di Jakarta, dan di Jawa Tengah sendiri kantor perwakilan berada di Kota Semarang,” jelasnya saat ditemui BERITAANDA.

Maruf mejelaskan bahwa ada sekitar 20 juta jiwa warga Afrika yang mengalami bencana kelaparan, serta diperburuk dengan konflik kemanusiaan.

Kekeringan yang terjadi di Afrika juga sudah berlangsung selama 3 tahun. Oleh karena itu, lembaga ACT berinisiatif mengirimkan sumbangan berupa beras ke Afrika.

“Nah, karena mereka saat ini sedang mengalami kelaparan serta tidak ada turun hujan selama 3 tahun, kami dari ACT berinisiatif mengirimkan beras untuk Afrika,” jelas dia.

Sekitar 1000 ton beras pada 29 April 2017 telah disumbangkan oleh lembaga ACT ke negara Afrika. Dan direncanakan pada tanggal 29 Mei 2017 nanti, akan dikirim sekitar 25 ribu ton beras.

“Di 29 April lalu kami sudah mengirimkan kurang lebih 1000 ton, dan Insya Allah di akhir bulan Mei sekitar tanggal 29 Mei, kami berangkatkan kapal kemanusiaan membawa kurang lebih 25 ribu ton beras,” pungkasnya. (Dino)

Bagaimana Menurut Anda